5 Aplikasi yang Membantu Working from Home (WFH)

Saat ini, kita tengah menghadapi pandemi berupa COVID-19. Wabah penyakit ini mengakibatkan perubahan terhadap hal-hal yang biasa kita lakukan. Dari mulai kebiasaan untuk duduk dan minum kopi bersama, sampai bekerja di kantor.

Dengan adanya anjuran untuk social distancing, maka program bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah Working From Home (WFH), banyak kantor yang akhirnya menginstruksikan para pegawainya untuk WFH. Ada beberapa penyesuaian dan usaha yang dihadapi ketika WFH, karena ada batasan yang sebelumnya mungkin tidak kita sadari karena berada kantor.

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi 5 (lima) aplikasi yang dapat membantu untuk WFH. Adapun aplikasi yang ingin saya bahas kali ini adalah:

  • Microsoft Teams
  • Onedrive
  • Dropbox
  • WeTransfer
  • PDF Xchange

Microsoft Teams

Aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada 14 Maret 2017. Microsoft Teams merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan team. Terdapat fitur chat, video conference, penyimpanan data (file storage), dan integrasi aplikasi desktop – mobile device.

Aplikasi ini merupakan aplikasi dari Microsoft sebagai bagian dari proses evolusi Skype Business. Aplikasi ini bersaing dengan dengan Slack dan Zoom.

Ilustrasi tampilan Microsoft Team (Sumber gambar: wikipedia.com)

Onedrive

Pertama kali dirilis pada Agustus 2007, Onedrive merupakan aplikasi untuk syncronisasi berbagai perangkat. Misalnya perangkat komputer di kantor dengan laptop di rumah. Cara kerjanya adalah Onedrive akan mengupload dan mensyncronisasi file yang berada di foldernya pada saat terhubung dengan internet. Pada perangkat lain, hal yang sama akan dilakukan secara otomatis jika terhubung dengan internet.

Jadi anda tidak repot untuk copy paste dokumen, selama itu ada difolder onedrive, dan sudah statusnya tersyncronisisasi, maka file tersebut dapat diakses di perangkat lain yang memiliki aplikasi onedrive dengan syarat terhubung ke jaringan internet.

Pilihan selain onedrive adalah: iCloud.

Dropbox

Pertama kali dirilis pada September 2008. Dropbox merupakan aplikasi hosting file dan sinkronisasi. Menariknya dari aplikasi ini adalah kita dapat langsung mengirimkan link untuk mendownload file tersebut. Fitur lainnya yang menarik adalah kita dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk akses menambah, mendownload, atau bahkan menghapus file di folder tersebut. Level akses juga dapat kita tentukan.

Ilustrasi tampilan dropbox (Sumber gambar: dropbox.com)

WeTransfer

Pernah mengirim email dengan attachment dan gagal karena filenya terlalu besar? hal ini dapat diatasi dengan adanya WeTransfer. Dengan WeTransfer kita memungkinkan untuk mengirimkan file dengan ukuran besar ke alamat email orang dengan mudah.

Untuk versi personal free, maximum ukuran yang dapat dikirimkan adalah sebesar 2 GB.

Terdapat 2 cara untuk menggunakannya:

  • Anda dapat memilih mengirimkannya ke alamat email, dan anda akan mendapatkan notifikasi ketika file tersebut di download
  • Mencopy dan mengirimkan link tersebuk ke orang yang hendak anda kirimi file.

Link file yang kita transfer akan valid untuk didownload selama 2 minggu. Setelah itu, pihak WeTransfer akan (“katanya”) menghapus dari system secara permanen.

Ilustrasi tampilan wetransfer (Sumber gambar: screen capture)

PDF Xchange

Perlu menandatangani softcopy dokumen dalam bentuk PDF? anda dapat melakukannya dengan bantuan PDF Xhange salah-satunya.

Dirilis pertama kali pada bulan Desember 2008. PDF Xchange memiliki feature digital signature untuk mengamankan sebuah dokumen. Ketika sebuah dokumen ditandatangani maka akan terlihat text signature seperti gambar berikut.

Untuk saat ini, saya baru dapat menyampaikan 5 aplikasi yang mendukung untuk WFH. Dimana ada kesulitan, disitu ada jalan. Silahkan jika anda ada tambahan, dapat diinfokan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.