Bekerja dalam target deadline

Ini adalah tulisan pertama saya di tahun 2020. Setelah cukup lama vacum karena pergantian tugas yang cukup menguras waktu dan pikiran. Ada beberapa pekerjaan dengan deadline ketat yang menuntut untuk konsentrasi penuh sehingga waktu menulis blog ini ini jadi prioritas ke sekian.

Kali ini saya ingin membagikan tips dari pengalaman dalam mengerjakan tugas dalam waktu deadline.

Buatlah kerangka berpikir – mindmap

Mindmap

Dengan membuat dan memiliki kerangka berpikir, kita dapat merencanakan langkah dan usaha apa yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Ini dapat mengembangkan kemungkinan dan ide dalam menyelesaikan persoalan. Dari kerangka berpikir ini pun kita dapat melatih berpikir kritis dan membuat apa yang akan kita lakukan menjadi lebih sistematis.

Buatlah list point-point apa yang harus diselesaikan

Setelah mempunyai kerangka berpikir, cobalah untuk menjadikan kerangka tersebut menjadi sebuah outline. Ini akan membantu kita untuk menyusun prioritas dan urutan penyelesain pekerjaan tersebut.

Buat target penyelesaian setiap pointnya

Setelah mempunyai daftar hal yang harus diselesaikan, cobalah untuk membuat estimasi kapan hal tersebut diselesaikan oleh anda.

Ketika hilang konsentrasi untuk suatu hal, coba untuk mengerjakan hal yang lainnya

Ada kalanya di tengah perjalanan kita mengerjakan sesuatu, kita kehilangan konsentrasi dan fokus terhadap hal yang sedang kita kerjakan dan kita akan selesaikan. Sebagian dari kita mungkin ada yang lebih memilih untuk memilih istirahat secara total dari proses tersebut. Dari pengalaman, sebaiknya kita dapat memilih item pekerjaan mana yang masih dapat kita kerjakan. Adalah sesuatu hal yang penting untuk membuat segala prosesnya dapat tetap berjalan meskipun pelan, daripada berhenti sama sekali.

Tetap usahakan untuk mempunyai waktu istirahat yang cukup

Pada saat kita menghadapi target deadline, kita terkadang ingin segera menyelesaikan hal tersebut. Ini ditambah kekhawatiran ada kemungkinan target tersebut tidak dapat dicapai, ini menjadi awal penyebab kita kurang beristirahat.

Adahal yang menarik bahwa penting untuk tetap menjaga kesehatan, ini karena jika anda sakit, waktu untuk menyelesaikan tugas tersebuth menjadi lebih lama karena anda sakit.

Optimislah, itu akan selesai

Waktu makin dekat ke deadline, rasa frustrasi yang dapat memuncak dan terkadang hilang kepercayaan bahwa apakah tugas tersebut dapat selesai? Adalah penting untuk tetap memiliki keyakinan bahwa itu akan selesai, badai pasti berlalu. Sikap positif dan tenang anda akan sangat membantu disaat-saat genting tersebut.

Semoga hal yang disampaikan diatas dapat bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar atau untuk berbagi pengalaman dengan tema ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.