Kebiasaan Unik Orang Philippines

Setiap daerah atau negeri pastilah mempunyai kebiasaan khas atau unik yang bisa jadi hanya dapat ditemui di daerah atau negeri tersebut. Kali ini saya ingin berbagi kisah mengenai kebiasaan unik apa saja yang mungkin kamu temui jika berkunjung ke Philippines.

Beberapa kebiasaan unik yang mungkin anda belum tahu akan hal ini saya coba sebutkan di tulisan ini.

Menyambut natal dimulai dari bulan September

Biasanya orang akan menyambut perayaan Natal dimulai pada awal Desember. Ini tidak berlaku di Philippines. Mall sampai perkantoran akan sudah menghiasi tempatnya dengan ornament khas Natal dimulai pada bulan September. Ya, anda tidak salah baca, dimulai dari bulan September. Anda akan familiar dengan lagu-lagu Natal yang diperdengarkan di Mall-mall.

Hiasan dan pernak pernik natal sudah dipasang di Bulan September

Membawa handuk putih kecil

Handuk kecil putih jika di Indonesia identik dengan abang tukang becak yang selalu membawanya. Jika di Philippines anda akan temui banyak orang membawa handuk kecil putih. Dari mulai anak-anak bahkan sampai orang tua. Mereka sering membawa serta handuk kecil bersama mereka. Dan yang lebih uniknya lagi, jika tidak sedang dipakai, handuk itu akan mereka letakan di belakang leher, di kerah baju. Unik bukan?

Membawa alcohol untuk bersihkan tangan

Jika di Indonesia terkadang orang membawa hand sanitizer untuk kepraktisan membersihkan tangan ketika bepergian. JIka di Philippines, anda bisa melihat orang lebih sering menggunakan alcohol dalam bentuk cair dengan kandungan sekitar 60-70%. Mereka akan membawanya di tas mereka atau sekedar meletakannya di meja kerja.

Alkohol untuk bersihkan tangan

Rajin sikat gigi

Yups, urusan sikat gigi mereka sangat rajin. Akan sangat umum jika di kantor-kantor bahkan terkadang mall setelah jam makan mereka akan pergi ke kamar mandi atau toilet untuk sekedar sikat gigi. Jika dikantor mereka selalu menyimpan peralatan sikat gigi di laci meja mereka.

Budaya antri yang baik

Orang Philippines sudah lebih tertib urusan antri. Mereka rela antri panjang untuk sekedar ambil uang di atm, antri naik kendaraan umum, atau bahkan sampai membeli lotere. Mereka pokoknya lebih tertib. Urusan satu ini saya lumayan iri sama mereka.

Tidak suka makanan pedas

Setelah mencoba beragam masakannya, dapat disimpulkan orang Philippines tidak suka makanan pedas. Terakhir saya mencoba Bulalo spicy (sup daging sapi) pun itu tidak pedas sama sekali. Di restoran cepat saji pun hanya akan menyajikan saus tomat, itu pun tulisannya sudah chili atau hot sauce. 

Bibingka, salah satu makanan khas Philippines

Suka minuman dingin

Entah karena suhu udara yang panas atau sudah menjadi kebiasaan. Mereka hampir selalu minum dengan air dingin atau diberikan ice tube. Baik siang hari maupun malam hari. Karena itu, sangatlah banyak supplier ice tube di Philippines. Oya, satu hal lagi, mereka suka minum bersama-sama atau ramai-ramai.

Menu minuman, semuanya dingin

Hari minggu adalah hari untuk makan Bersama keluarga

Hari minggu adalah hari keluarga. Biasanya setelah mereka pulang dari gereja, mereka akan menyerbu Mall atau restaurant favorite sekedar untuk makan bersama dengan keluarga. Ini tampaknya acara yang rutin mereka lakukan, bahkan kadang mereka lakukan setiap minggu. Mereka akan membawa serta anak istri, ayah ibu, bahkan kakek atau neneknya untuk makan bersama.

Toilet kering

Orang Indonesia jika habis buang air (air besar ataupun air kecil) biasanya cebok dengan air. Bagi anda yang terbiasa dengan ini, siap-siap saja menderita jika datang ke Philippines, pasalnya sebagian besar Mall atau perkantoran menggunakan toilet kering. Ini artinya anda tidak akan menemukan keran air untuk cebok. Siap siap saja menggunakan tissue untuk membersihkan bagian sensitive anda setelah buang air. Saran saya, selau membawa botol untuk diisi air keran sebelum menunaikan urusan hajat anda.

Gajian dua kali dalam sebulan

Banyak perusahaan menerapkan system penggajian setiap 2 minggu sekali. Setiap tanggal 15 dan tanggal 30 setiap bulannya. Ini diceritakan untuk membantuk karyawan mengontrol keuangannya lebih baik. Ini disebakan karena mereka hobbie sekali berpesta dan membeli barang mahal di Mall.

Masuk mall atau toko harus diperiksa security

Jika anda berkunjung ke Philippines dan hendak pergi ke Mallnya, siap-siap anda akan dibuat kaget karena ana akan diperiksa seperti henda memasuki pesawat. Anda akan melalui magnetic detector,  anda akan diminta membuka dan menunjukkan isinya. Dan ketika anda keluar, anda harus memperlihatkan struknya untuk diperiksa. Unik bukan?

Suka sekali dengan minuman beralkohol

Ya, anda akan menemui dengan mudah minuman beralkohol disini. Dari mulai toko kecil, seven eleven, sampai mall besar. Harganya pun murah jika bandingkan di Indonesia.

Rak Minuman Beralkohol di salah satu Mall

Mungkin jika ada kesempatan nanti saya coba ambilkan lengkapi fotonya.

Jika ada kesempatan, mengapa anda tidak mencoba liburan di Philippines? Seperti tagline pariwisatanya, It’s more fun in the Philippines.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.