Jack of all trades is master of none, Generalist atau Specialist?

Satu kesempatan, salah satu kolega saya menyampaikan kalimat ” Jack of all trades, is master of none”. Itu kali pertama saya mendengar istilah itu. Karena memang tidak mengerti apa sebenarnya arti dari ujaran tersebut, akhirnya pun mencari tahu.

Ternyata ini adalah salah satu ujaran yang kadang salah dipahami dan terkadang mempunyai konotasi negatif. Bahkan pada saat diawal, saya pun merasa tidak nyaman karena ada statement tersebut. Meskipun orang yang bersangkutan tidak bermaksud untuk merendahkan. Mengapa? Karena ujaran itu banyak ditangkap secara konotasi negatif.

Tak hanya di dalam Bahasa Inggris, ungkapan serupa ini ternyata banyak sekali ragam ujaran itu, bahkan di Wikipedia memiliki artikel khusus yang membahas ini. [Klik untuk membuka artikel wikipedianya].

Apa Artinya Ujaran Jack all the trade?

Banyak sekali penafsiran dan pendapat mengenai ujaran atau istilah ini. Karena ini sudah menjadi bagian dari budaya dan bahasa. Berikut adalah pendapat yang dikutip dari Wikipedia.org

“a jack of all trades” is often a compliment for a person who is good at fixing things, and has a very good broad knowledge. They may be a master of integration, as such an individual who knows enough from many learned trades and skills to be able to bring the individual’s disciplines together in a practical manner. This person is a generalist rather than a specialist.

Wikipedia.org
Ilustrasi Master on None.

Perlukah kita menjadi master dalam Segala hal?

Jika saya ditanya, maka jawaban saya adalah tidak perlu. Tetapi terkadang jalan hidup menuntut kita untuk menguasai banyak hal. Suka atau tidak, akhirnya harus kompromi dengan asap dapur atau mungkin asap vape. Karena untuk mempelajari sesuatu atau bahkan sampai level “master” tentulah bukan perkara yang mudah. Butuh waktu dan pengorbanan.

Saya pun pernah membaca bahwa ada beberapa orang yang mengkoleksi gelar akademik dari berbagai disiplin ilmu. Contohnya adalah:

Sampai level apa kita perlu mengetahui sesuatu?

Itu kembali kepada pribadi dan kebutuhan masing-masing. Karena sekarang menjadi abu-abu pula sampai level mana hal itu dikatakan “master”. Tetapi yang pastinya akan lebih baik jika kita melengkapi skill dan pengetahuan dengan hal yang mendukung dan berkorelasi dengan pekerjaan, atau hobbie anda. Jika pun anda memilih untuk mengetahui diluar itu, silahkan saja, just like Frankie said, “I did it my way”.

Galau mau menjadi Generalist atau Specialist?

Pilihan ada di anda, tidak ada yang salah dengan hal itu. Beberapa orang sangat teguh pendiriannya dengan istilah ” I did it my way”, sedangkan beberapa orang sukses lainnya dengan falsafah hidup “mengalir saja bagai air”.

Sebagaimana Pak BJ Habibie lebih memilih untuk jadi ilmuwan specialist pesawat.

Lain halnya dengan Leonardo da Vinci yang seorang Generalist yang menguasai: drawing, painting, sculpture, architecture, science, music, mathematics, engineering, literature, anatomy, geology, astronomy, botany, paleontology dan cartography.

Iklan

Teringat salah-satu quote dari salah-satu J-Drama yang pernah saya tonton Dragon Zakura.

Dragon Zakura

For an examination question, there is always only one good answer. But for life, it’s different. In life, there are many correct answers. So, don’t live a cowardly life. 

Kenji Sakuragi – Dragon Zakura

Untuk sebuah pertanyaan dalam sebuah ujian, selalu hanya ada satu jawaban yang benar. Tetapi untuk hidup, itu berbeda, banyak pilihan jawaban yang benar. Jadi, jangan hidup sebagai pecundang.

Baca juga tulisan saya:

Silahkan tinggalkan komentar untuk artikel ini. Sampai jumpa tulisan berikutnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.