Vehicle Swept Path Analysis

Perencanaan suatu proyek perlu dilakukan secara kompresensif dari mulai letak fungsional tiap fasilitas, faktor keamanan, hingga faktor pertimbangan sirkulasi kendaraan. Untuk kendaraan-kendaraan besar seperti truk kontainer, trailer, mobile crane bahkan pesawat, perencanaan matang mengenai jalur dan lintasan sangat penting. Hal ini disebabkan adanya kriteria tertentu yang harus dipenuhi dipenuhi untuk kendaraan tersebut dapat melewati jalan tersebut.

Kadang kita sadari kemudian bahwa suatu jalan atau jalur ternyata tidak sesuai dilewati beberapa kendaraan tertentu. Jika pun itu dilewati, itu mengakibatkan kecelakaan atau fungsinya tidak optimal.

Saya pernah mempunyai pengalaman mereview tata letak pabrik dengan rute jalan yang akan dibangun. Ketika dilakukan swept path analysis, ternyata radius belok (turning radius) kendaraannya tidak mencukupi karena ada fasilitas yang dibangun. Akhirnya dengan hasil analysis ini, tata letak harus direvisi dengan beberapa perubahan di arrangement fasilitasnya.

Apakah Swept Path Analysis itu?

Swept Path Analysis merupakan suatu istilah yang seringkali dikaitkan dengan analysis jalur lintasan (swept path) untuk kendaraan tertentu beserta perhitungannya.

Apa gunanya melakukan Swept Path Analysis?

Untuk fasilitas yang baru, swept path analysis digunakan untuk mengetahui ketahui kelayakannya desain sebelum akhirnya fasilitas tersebut dibangun.

Sedangkan untuk fasilitas existing atau yang sudah dibangun, ini dapat digunakan untuk proses perbaikan atau improvement / upgrading untuk meningkatkan factor keamanan, kenyamanan, dan efisiensi.

Dengan perencanaan yang baik, kita dapat meminimalkan resiko kegagalan atau kesalahan desain serta dampak yang ditimbulkannya, misalnya kecelakanaan kendaraan yang melewatinya.

Untuk beberapa kasus, Swept Path Analysis ini pun dapat digunakan untuk feasibility apakah suatu kendaraan akan dapat melewati belokan tertentu di fasilitas existing. Ini penting untuk menentukan memilih tipe dan ukuran kendaraan yang sesuai untuk dapat melewati rute tersebut. Misalnya ketika anda memutuskan untuk membawa mobile crane dengan kapasitas besar, sedangkan sudut belokan di pabrik dirasa meragukan. Dalam kasus ini, anda dapat melakukan swept path analysis atau meminta pendapat expert kendaraan tersebut.

Swept path analysis ini pun dapat digunakan untuk analisis jalan yang rawan kecelakaan. Karena selain faktor dari pengemudi, kecelakaan pula dapat disebabkan karena faktor desain jalan yang tidak baik atau sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan lalulintasnya.

Digunakan untuk apa saja Swept Path Analysis?

Berikut adalah beberapa desain fasilitas yang memerlukan Swept Path Analysis:

  • Desain jalan (Road design)
  • Bundaran (Roundabouts)
  • Persimpangan (Intersection)
  • Lahan parkir (Parking sites)
  • Kereta ringan (Light rail)
  • Desain bandar udara (Airport design)

Siapa yang memerlukan Swept Path Analysis?

Swept Path Analysis biasanya digunakan oleh engineers, urban planners, perencana transpotasi, dan instansi pemerintah yang berkaitan dengan kajian transportasi atau tata kota.

Software apa saja yang untuk Swept Path Analysis?

Ada bebeapa pilihan untuk melakukan Swept Path Analysis:

Apakah dapat mencoba program Swept Path Analysis?

Ya, untuk beberapa software tersebut anda dapat mencobanya dan menggunakannya dalam versi trial.

Simpulan

Swept Path Analysis merupakan sebuah analysis yang penting dalam hal desain dan pengujian kelayakan suatu fasilitas yang terkait jalur kendaraan. Analysis ini dapat digunakan untuk fasilitas baru maupun fasilitas existing.

Jika anda merupakan pihak client, pada saat fase desain, cobalah mempertanyakan apakah desain swept path analysis tersebut apakah telah dilakukan oleh desainer.

Kembali ke atas.

Sumber rujukan:

  1. www.texas-truckaccidentlawyer.com
  2. www.autodesk.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.