Building Information Modeling, Apa gunanya untuk Proyek

Tahapan desain merupakan salah satu tahapan krusial dimana, design, waktu dan cost dapat dioptimalisasi. Salah satu cara untuk mengoptimalisasi proyek adalah dengan penggunaan teknologi design yang tepat. Salah satu teknologi desain yang saat ini populer digunakan oleh proyek-proyek besar yaitu Building Information Modeling.

Pada tulisan kali ini, saya hendak membahas tentang apa itu Building Information Modeling, keunggulannya, kegunaannya untuk proyek, serta pilihan software-nya apa saja.

Perkembangan Teknologi Design

Sebelum membahas lebih jauh, kita bahas tahapan perkembangan teknologi design terlebih dahulu. Secara tahapan design, ada enam tahapan teknologi design dari mulai 1D sampai dengan 6D, Building Information Modeling berada di tahapan 5D.

  • 1D adalah gambar sketsa tangan
  • 2D adalah gambar dua dimensi, ada panjang dan lebar. Gambar ini dikenal juga dengan gambar vector, atau CAD 2 Dimensi yang biasa kita kenal.
  • 3D adalah gambar 2D + kedalaman (depth) tiga dimensi, dimana ada panjang (length), lebar (width), dan kedalaman (depth).
  • 4D adalah gambar 3D+ komponen waktu (time).
  • 5D adalah model 4D+ komponen biaya (cost)
  • 6D adalah model 5D+ Value Engineering

Secara lengkap lengkap perbedaannya dapat dilihat pada gambar berikut

Apa itu Building Information Management?

Building Information Mangement atau sering disingkat BIM adalah sebuah proses yang menggunakan model untuk memfasilitasi kebutuhan analisis, simulasi, komunikasi, dan koordinasi.

BIM digunakan untuk membantu pengelolaan proyek-proyek dengan skala besar dengan tingkat kompleksitas yang rumit.

Apa Keunggulan Teknologi Building Information Modeling?

Secara aplikasi, keunggulan teknologi BIM adalah:

  • Intelligent
  • Knowledge-based
  • Scalable
  • Visual

Intelligent

Penggunaan BIM membantu untuk mengelola dan menentukan hubungan keterkaitan antar objek secara konsisten dan terkoordinasi.

Knowledge-based

Aplikasi BIM dapat dihubungkan dengan design criteria yang telah ditentukan, standard, dan code yang dipakai.

Scalable

BIM memungkinkan kita mengelola jumlah data yang banyak. Tak hanya itu, BIM memungkinkan juga mengelola data dari berbagai sumber (multiple sources).

Dengan keunggulan ini, design anda dapat dikerjakan lebih detail dan dikerjakan secara multi user / designer.

Visual

Tampilan visual BIM memang bagus, hal ini memungkinkan kita sebagai user melakukan analysis, simulasi, dan komunikasi dengan lebih baik.

Berikut adalah beberapa fitur dari BIM:

  • Clash detection
  • Scheduling
  • Logistic + Staging
  • Scope Leveling
  • Estimation
  • Safety Visualization
  • Rendering + Animations
  • Scope Delineation
  • Productivity monitoring

Mengapa BIM dapat membantu proyek?

Kebutuhan penggunaan BIM tidak terlepas dari konsep pengelolaan management proyek (project management). Sebagaimana kita ketahui bahwa ada 3 (tiga) project constaint yaitu : lingkup (scope), waktu (time), dan biaya (cost).

Jika dilihat, constraint lingkup (scope) itu sudah dapat dikelola oleh teknologi 3D, berupa informasi gambar (drawing), spesifikasi (specification), dan bill of material.

Teknologi design 3D ditambah constraint waktu (time), jadilah teknologi 4D, dengan penambahan constraint biaya (cost), jadilah teknologi 5D yaitu Building Information Modeling.

Jadi dengan penggunaan BIM, secara tidak langsung kita dapat lebih mengelola tiga project constraints: scope+time+cost.

Design review

Dengan menggunakan BIM, team konstruksi dapat mereview dan memberikan masukan kepada team design, misalkan terkait constructability dan maintainability. Masukan ini dapat dimasukan ke dalam dokumen design.

ACS & MEP Coordination

BIM dapat membantu koordinasi Architect, Civil & Structure (ACS) dan Mechanical, Electrical & Plumbing (MEP)

Disiplin Architecture, Civil + Structure

BIM membantu structural engineers dan arsitek untuk meng-improve koordinasi multi-discipline dari dokumen desain struktur (structural design documentation), meminimalkan kesalahan/error, dan memperbaiki keterlibatan /kolaborasi antara disiplin structural, mechanical, dan team arsitek.

Untuk design yang sangat rumit, pengecekan kesesuaian , kesalahan, dan kolaborasi antar disiplin merupakan faktor yang signifikan. Ini dapat menghemat waktu design dan memperbaiki kesalahan desain. Dengan ini pula dapat meminimalkan risiko kesalahan di fase konstruksi dan dampak yang ditimbulkannya.

Disiplin Mechanical

3D modeling environment dari MEP System membantu MEP designer mengatasi tantangan menyesuaikan komponen atau peralatan mechanical ke dalam ruang atau space yang sempit.

3D MEP Coordination (Credit: CADCrowd.com)

BIM juga memungkinkan pemeriksaan intereference untuk mendeteksi kemungkinan tabrakan (collision) selama proses design, mengurangi risiko fase konstruksi mengalami cost overruns.

Dengan BIM, para design engineer dan construction engineer dapat melihat potensi masalah, dan peluang untuk mengatasinya sebelum fasilitas atau equipment tersebut di-install.

Sequencing

Dengan menggunakan BIM, team proyek dapat mereview urutan atau sequence pemasangan yang paling optimal dengan dampak paling kecil terhadap schedule.

Productivity

BIM memungkinkan kita untuk melakukan tracking produktivitas dan status dari masing masing komponen terhadap waktu penyelesaian proyek.

Linking Data

Semua data yang terdapat di BIM dapat di-link-an ke elemen 3D. Data ini dapat digunakan kemudian oleh end user sebagai data asset.

Apa Saja Software BIM?

Ilustrasi AutoDesk REVIT (Credit: AutoDesk)

Berikut dintaranya 5 software populer untuk BIM:

  • Revit
  • AutoDesk BIM 360
  • Navisworks
  • ArchiCAD
  • Tekla BIMsight

Simpulan

Building Information Modeling (BIM) merupakan teknologi design 5D, dimana gambar 3D ditambahkan fitur waktu untuk simulasi, dan fitur biaya.

BIM digunakan sebagai tools untuk mengelola proyek dari sisi scope pekerjaan, waktu, dan biaya.

BIM dapat membantu untuk: design review, koordinasi ACS+MEP, sequencing aktivitas, dan linking data menjadi dokumen asset.

Anda tertarik berdiskusi hal ini? silahkan tinggalkan komentar atau kirimkan email kami di kontak. Terima kasih sudah berkunjung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.