Kenapa Google Adsense ditolak, penyebab dan tipsnya

Google Adsense merupakan sarana bagi para penulis blogger ataupun content writer untuk dapat me-monetize atau mendapatkan penghasilan uang dari iklan yang ditampilkan di blog mereka.

Menarik bukan? anda dapat menyalurkan hobi menulis dan mendapat sponsor dari pihak Google. Meski begitu, perlu diingat pendapatan dari iklan yang dilihat itu tidak besar lho, hanya rata-rata sekitar Rp. 200,- setiap pengunjung mengklik dan melihat iklan tersebut. Tidak rugi bukan untuk anda support para penulis dengan klik tersebut?

Ilustrasi Iklan Google Adsense di webpage

Pada artikel kali ini saya ingin membahas 5 kategori konten penyebab ditolaknya pengajuan Google Adsense, serta tips untuk memperbaikinya supaya dapat disetujui.

Kenapa Google Adsense ditolak?

Karena Google menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk membaca konten Web atau Blog anda. Google kemudian akan mengecek apakah konten dan temanya apakah sudah sesuai dengan kebijakan dan aturan yang mereka miliki. Jadi artikel yang diajukan tidak dibaca satu persatu oleh customer service-nya ya 😊.

Ilustrasi tampilan dashboard Google Adsense

Google Adsense mempunyai aturan yang mewajibkan para publisher — sebutan bagi yang bekerja sama dengan Google Adsense — untuk tunduk dan taat dengan peraturan tersebut; Hal ini berlaku sebelum dan setelah Google Adsense itu disetujui.

Kebijakan konten (Content Policies) dari Google Adsense

Berdasarkan pengalaman saya pada saat mengajukan Google Adsense dan ditolak. Saya pun mereview kembali penyebab mengapa Google menolak saat itu. Saya koreksi beberapa artikel, diajukan kembali dan dalam waktu kurang dari 30 menit, disetujui.

5 kategori konten yang ditolak oleh Google Adsense

Jika kita lihat, panjang sekali daftar kebijakan Google Adsense. Saya sederhanakan secara garis besar ada 5 kategori konten yang ditolak oleh Google Adsense.

Kategori 1. Copyrighted Material, Software & Application

Google Adsense tidak akan menyetujui konten yang berhubungan dengan kegiatan peretasan h*ck*ng ataupun cr*cking. Meskipun konten anda tidak secara langsung bertujuan itu, tetapi jika banyak kata atau kalimat yang berkaitan dengan itu, maka pihak Google punya hak untuk menolak.

Kategori 2. P*rn*gr*phy

Kategori kedua terpaksa saya harus tulis seperti di atas untuk menghindari pemblokiran otomatis Google.

Pada kategori ini, anda perlu mereview kembali kesesuaian konten dengan temanya. Jika anda memuat konten dewasa di tema yang berhubungan dengan keluarga, otomatis anda akan di blokir oleh pihak Google.

Penyebutan kata-kata sensitive terkait hal  itu pun akan sangat berpengaruh.

Kategori 3. Konten kekerasan dan SARA

Dikategori ini, anda tidak diperkenankan memuat konten yang berhubungan dengan kekerasan dan SARA.

Bentuk diskriminasi, ujaran kebencian atau provokasi yang berhubungan dengan itu pun masuk diperaturan ketatnya Google Adsense.

Anda pun tidak diperkenankan untuk memuat konten yang mengejutkan atau kegiatan yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Ini tidak hanya berlaku untuk kepada manusia, tetapi juga berlaku untuk perlakuan kepada binatang atau hewan.

Kategori 4. Senjata

Jika anda hendak memuat konten yang berhubungan dengan senjata api atau senjata tajam lainnya, anda perlu pikirkan kembali.

Ini termasuk jika anda membuat tutorial bagaimana membuatnya. Meskipun itu dibuat dengan 3D printing.

Kategori 5. Nark@ba, Produk tembakau, minuman berakohol

Dunia nyata ataupun internet pun sama sebenarnya. Anda tidak diperbolehkan untuk memuat konten atau mempromosikan produk nark@ba, produk tembakau, dan minuman beralkohol.

Tips supaya pengajuan Google Adsense dapat disetujui

Meskipun persetujuan Google Adsense sepenuhnya berada dipihak Google, tetapi ada beberapa tips yang dapat anda coba. Berikut adalah lima tips supaya pengajuan Google Adsense disetujui.

  • Tips No.1 Sajikan konten yang memang berguna dan bermanfaat
  • Tips No.2 Hindari memuat konten yang berhubungan langsung dengan 5 kategori di atas.
  • Tips No 3 Review kata yang sensitive terkait dengan kategori tersebut, ganti dengan padanan kata lain
  • Tips No.4 Gunakan karakter * atau yang lainnya untuk menghindari pembacaan kata sensitive tersebut.
  • Tips No.5 Hilangkan atau ganti gambar yang mengandung konten 5 kategori ini

Jika anda ingin membaca lengkap detail apa saja konten yang tidak diperbolehkan Google Adsense, silahkan baca panduan content policies dari Google Adsense.

Bagi para blogger, semoga pengajuan Google Adsense anda disetujui; Bagi para pembaca, silahkan support para penulis ya jika anda melihat Ads yang menarik.

Kembali ke atas >>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.