Bagaimana cara membuat link WhatsApp di Blog?

WhatsApp sekarang sudah merupakan salah satu social platform urutan ketiga paling banyak digunakan di dunia setelah Facebook dan YouTube.[1]

Jika sebelumnya sudah biasa melekatkan link atau tautan berupa referensi ataupun social media seperti Twitter atau linkedIn, yaitu dengan melekatkan alamat web-nya, bagaimana jika ingin link ke WhatsApp?

Setelah diluncurkannya WhatsApp Business pada tahun 2017, bentuk komunikasi WhatsApp pun banyak sertakan di Website ataupun Blog.

Apa gunanya membuat link WhatsApp di Web atau Blog?

Penggunaan mobile device untuk mengakses informasi semakin tinggi

Keuntungan yang paling nyata adalah kemudahan yang didapatkan untuk pengunjung halaman web atau blog anda.

Sebagai ilustrasi, data berikut adalah tingkat pemilihan devices untuk browsing vs purchasing di Negara Eropa. Smartphones untuk browse internet terlihat semakin populer. Jika ditotal penggunaan Mobile Phone (24%) dan tablet (16%). Itu berarti orang lebih cenderung untuk melihat dan mengakses informasi dengan mobile devicenya.[2]

Angka statistik di atas mungkin dapat lebih tinggi lagi jika di Indonesia, mengingat orang di Indonesia tampaknya sudah sulit melepas gadget smartphone dari tangannya (termasuk penulis blog ini juga).

Top Social Messenger

Konsumen lebih cenderung menggunakan kuota internet

Pendapat saya, jika konsumen atau pembaca ditanya apakah memilih menelpon dengan pulsa, ataukah mengirimkan pesan via WhatsApp dengan paket intenet mereka. Kemungkinan besar akan memilih yang kedua, yaitu menggunakan pesan atau menelpon dengan WhatsApp.

Indonesia adalah negara pengguna WhatsApp

Jika dilihat dari data statistik, Indonesia didominasi oleh penggunaan WhatsApp.[1] Hal ini sedikit berbeda dengan Philippines, dimana penulis saat ini tinggal, lebih banyak penggunaan FB Messenger atau VIBER. Jadi, untuk segmentase Indonesia, link dengan pengguna WhatsApp menjadi penting.

Untuk Bisnis, WhatsApp Business ada proses verifikasi

Untuk perusahaan besar, informasi yang disampaikan merupakan bentuk official atau resmi. WhatsApp telah menyediakan fitur verifikasi. Dimana anda akan melihat tanda centang hijau di sebelah kanan.

Ilustrasi Logo WhatsApp Business dan Tanda Verifikasinya

Saat ini, pihak Facebook sedang menjalankan uji coba terbatas untuk proses verifikasi WhatsApp Business ini.

Jadi jika nantinya sudah berjalan, untuk account perusahaan besar diharapkan akan menggunakan WhatsApp Business dan konsumen pun tidak perlu khawatir dengan validitas informasi dari perusahaan tersebut. Apa anda berminat? Silahkan hubungi pihak Facebook.

Untuk ulasan WhatsApp Business, silahkan anda kunjungi tulisan saya –> WhatsApp Business dan Keunggulannya.

Bagaimana membuat link WA di Web atau Blog?

Caranya sangatlah mudah, anda hanya tinggal memasukan link atau tautan di gambar / tombol yang ada ingin gunakan. Formatnya adalah https://wa.me/nomorselular dengan format negara Internasional.

Gambar di atas sebagai contoh, karena penulis menggunakan nomor negara Philippines (63). Jika anda menggunakan nomor Indonesia, tentu kode depannya adalah (62). Perlu diingat, jangan ditulis +62, cukup 62 [ nomor WhatsApp] anda.

Jika ingin mencoba, silahkan klik page Tentang Kami (About Us).

Jadi, sekarang anda sudah berencana menyertakan link WhatsApp untuk web atau sekedar blog anda? Supaya para pengunjung atau pembaca dapat berinteraksi langsung dan bisnis anda pun semakin lancar.


Sumber referensi:

[1] https://www.digitalinformationworld.com/2019/02/whatsapp-facts-stats.html

[2] https://www.statista.com/statistics/997383/preferred-device-for-browsing-vs-purchasing-in-selected-nordic-countries/

[3] https://www.theguardian.com/technology/2015/aug/06/smartphones-most-popular-way-to-browse-internet-ofcom

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.