WhatsApp Business, Apa dan bagaimana menginstallnya?

WhatsApp, atau kadang akrab disebut WA, siapa tak mengenalnya. aplikasi pesan antar platform, dan Voice Over IP (VOIP) terpopuler di dunia saat ini.[1] Saat ini WhatsApp bukan hanya sekadar aplikasi untuk mengirimkan text, tetapi juga voice, video, emoticon/emoji, chat group, bahkan sampai dokumen pdf pun dapat dilayani. WhatsApp adalah generasi baru dari aplikasi instant messaging, yang dahulu seperti pernah populerkan Blackberry Messenger (BBM), tetapi dengan fitur yang jauh lebih fantastis.

Sekilas tentang WhatsApp

WhatsApp didirikan pada tahun 2009, oleh Jan Koum dan Brian Acton. Mereka adalah mantan karyawan dari Yahoo!. Pada tahun 2019, WhatsApp telah berusia 10 tahun dari mulai dia didirikan.

Aplikasi WhatsApp messenger standar dapat anda download di Play Store ataupun App Store, gratis. (Meskipun pada tahun 2013 pernah harus membayar fee $1).

Perjalanan hidup WhatsApp

Perjalanan bisnis dari WhatsApp saya buat ilustrasinya seperti gambar berikut.

Ilustrasi perjalanan WhatsApp

Pada artikel kali ini saya tertarik untuk membahas tentang WhatsApp Business (WhatsApp bisnis), satu aplikasi yang dirilis oleh WhatsApp tahun 2017.

Apa itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah aplikasi pesan (messaging) yang dapat membantu sebuah perusahan atau bisnis dalam mengatur dan menghadirkan bentuk komunikasi resmi dan memudahkan anda merespon pelanggan bisnis anda.

Aplikasi ini lebih difokuskan untuk melayani kebutuhan bisnis dalam hal berinteraksi dengan costumer-nya.

Skala Bisnis yang dapat dilayani

WhatsApp business dirancang untuk digunakan dari bisnis skala rumahan sampai dengan bisnis skala besar. Tidak tanggung-tanggung, skala bisnis yang pertama kali menggunakan WhatsApp Business adalah maskapai penerbangan KLM.[2]

KLM Flight info on WhatsApp – (Source : KLM’s official YouTube channel )

Apa syarat untuk memiliki WhatsApp Business?

Secara teknis anda syaratnya anda hanya perlu mempunyai nomor telepon selular yang dapat menerima sms untuk verifikasi. Akan tetapi jika untuk sekelas perusahaan seperti KLM, mungkin ada hal khusus yang perlu dipenuhi.


Silahkan baca juga:

Instagram, Netflix, dan Portmanteau lainnya dikeseharian kita.


Apakah saya dapat menginstall WhatsApp Business untuk bisnis saya?

Ya, anda dapat menginstallnya di gadget anda. WhatsApp Business tersedia baik di Play Store maupun App Store.

Apa kelebihan WhatsApp Business dibanding WhatsApp personal?

Untuk menjadi pertimbangan apakah bisnis anda memerlukan WhatsApp Business atau tidak, mari kita bahas apa saja kelebihan WhatsApp Business ini jika dibandingkan WhatsApp Messenger (WA Biasa).

1.Business Profile

Untuk sebuah bisnis, profil adalah sesuatu yang penting. Business profile merupakan sebuah quick overview dari business dan business plan anda. Dari business profile ini, customer dapat mengenali bisnis anda. Kebutuhan adanya business profile ini dapat di fasilitasi oleh WhatsApp Business; Dari Mulai informasi tipe bisnis, alamat, sampai dengan jam operasional dapat dihadirkan di aplikasi ini.

Ilustrasi Profil WhatsApp Business (Sumber: WhatsApp)

2.Quick Replies

Kecepatan anda dalam merespon pertanyaan dari konsumen merupakan hal yang penting. WhatsApp Business menyediakan kemudahan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen business anda. Anda dapat menyediakan jawaban-jawaban standar untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen. Ini penting untuk menjaga standar dan konsistensi jawaban anda.

Ilustrasi fitur Quick Replies WhatsApp Business (Sumber: WhatsApp)

3.Labels

Fitur labels ini memungkinkan anda membuat label kategori dari percakapan anda dengan konsumen. Dengan ini, komunikasi bisnis anda dapat menjadi terorganisir. Kembali, karena komunikasi itu sangat penting dalam dunia bisnis. Apalagi jika anda menghadapi customer yang berjumlah ratusan atau mungkin ribuan. Fitur ini akan sangat menolong mengelola komunikasi bisnis anda.

Ilustrasi penanda / Labes di WhatsApp Business (Sumber: WhatsApp)

4. Automated Messages

Ketika anda menggunakan WhatsApp Business, ada fitur yang dinamakan Automated Messages. Fitur ini memungkinkan costumer anda mendapatkan sambutan salam atau greeting dari Business anda. Ini dilakukan secara otomatis. Ini pun dapat membantu merespon ketika anda sedang tidak aktif selama kurun waktu tertentu.

Ini akan sangat memberikan kesan baik untuk bisnis anda, karena customer akan lebih merasa dekat dan dilayani oleh anda.

Ilustrasi Automated Messages WhatsApp Business (Sumber: WhatsApp)

Bagaimana menginstallnya?

Anda hanya perlu download di Play Store atau App Store. Masukan nomor yang akan dijadikan WhatsApp Business, kemudian verifikasi via SMS.

Ilustrasi Tampilan Awal untuk pendaftaran WhatsApp Business

Jika anda telah memiliki WhatsApp Messenger sebelumnya, ada pilihan migrasi nomor anda ke Business.

Ilustrasi migrasi WhatsApp Messanger ke WA Business

Jika telah teristall, anda dapat melihatnya seperti gambar berikut.

Ikon WA Business yang ditandai garis putus-putus

Jadi apakah anda sudah terpikir untuk memiliki WhatsApp Business untuk bisnis anda? Kembali pertimbangkan keuntungan yang didapatkan yaitu : Business Profile, Quick Replies, Labels, dan Automated Messages.


Sumber referensi:

[1] Leo Sun (September 11, 2015). “Facebook Inc.’s WhatsApp Hits 900 Million Users: What Now?”. The Motley Fool. Archived from the original on October 14, 2015. Retrieved October 21, 2015.

[2] KLM first airline with verified WhatsApp business account

Iklan

2 tanggapan untuk “WhatsApp Business, Apa dan bagaimana menginstallnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.