5 hal mudah yang dapat membantu pekerjaan di kantor

Ketika bekerja di kantor, ada banyak hal sederhana yang dapat membuat kita dapat bekerja lebih baik. Hal-hal tersebut bukanlah sesuatu kemampuan yang sulit atau hard skills. Jadi untuk dapat melakukannya anda hanya perlu usaha sedikit, bahkan diantaranya hanya perlu kemauan saja.

Berikut adalah 5 hal sederhana yang dapat membantu bekerja lebih baik di kantor:

1.Mengingat nama petugas security, office boy /girl, receptionist

Ketika anda sampai di kantor, siapa orang pertama yang biasanya anda temui? Mereka adalah petugas security, office boy/girl, dan receptionist.

Alangkah indahnya ketika anda sampai di kantor anda dapat menyapa orang yang anda temui hampir setiap hari dengan nama mereka — bukan sekedar sapaan pak, mbak, atau mas. Siapa yang tidak senang diingat oleh orang lain, apalagi dalam hal yang baik.

Pada saat penulis bekerja di salah satu perusahaan Jepang, bahkan petinggi perusahaan itu hampir tiap hari menyapa petugas taman yang ditemui dengan menyebut namanya. Suatu hal yang manis bukan?

Suasana Ruang kerja ( Sumber foto : bestpicko.com)

Lupakan apakah ini akan membantu anda langsung dalam pekerjaan. Kadang bantuan atau pertolongan datang dari orang yang berada di sekitar kita, termasuk dari mereka yang penulis sebutkan tadi.

Apakah hal ini sulit untuk dilakukan? jika tidak mengapa tidak anda mulai coba lakukan.

2.Mengetahui bagaimana cara me-photocopy dan scanning

Pernahkah suatu saat petugas photocopy di kantor anda tidak ada? atau pernahkah anda dimintai tolong teman hanya untuk sekedar mem-photocopy dokumen? Bagaimana jika itu terjadi berulang kali.

Atau kasus lain, boss meminta anda untuk mem-photocopy satu dokumen dan saat itu petugas tidak ada, dan anda tidak bisa, apa yang anda akan lakukan?

Keterampilan untuk melakukan photocopy dan scanning dokumen mungkin terlihat sederhana, tetapi ini akan dapat menolong anda.

Bukan karena ini anda lantas menggantikan pekerjaan petugas photocopy di kantor anda lho. Apakah ini sulit? mulailah bertanya ke petugasnya dan minta diajari ya.

3.Mengetik dengan 10 Jari

Hal berikutnya yang sederhana tetapi dapat membantu anda dalam pekerjaan secara langsung adalah kemampuan mengetik dengan 10 jari. Mengapa 10 jari, bukannya 11 jari lebih baik?

Mengetik dengan 11 jari, yang prakteknya hanya 2 jari telunjuk tangan, selain kurang efektif, juga lebih cenderung menyebabkan kesalahan.

Skema mengetik 10 jari (Sumber gambar : typingacademy.com)

Bagaimana melakukannya? Apakah perlu kursus khusus? Tidak, anda hanya perlu membuka youtube dan melihat tutorialnya. Anda dapat coba juga membuka laman typingacademy.

Dengan ini terlihat anda mengetik lebih keren  bukan?

4.Membuat presentasi

Kemampuan lainnya adalah membuat presentasi. Adapun fasilitas yang dapat digunakan adalah desktop/laptop, mobile phone (hp), dan cloud.

A. Desktop/Laptop

Untuk Windows® tentu saja anda perlu mengenal Powerpoint™ sedangkan di Mac ada keynote. Untuk anda tidak mempunyai lisensi produk Microsoft® dapat menggunakan produk dengan lisensi GNU, gratis yaitu OpenOffice.

B. Mobilephone

Ketika anda sedang dalam perjalanan dan anda perlu membuat presentasi, salah satu jalan keluarnya adalah menggunakan gadget anda untuk membuat presentasi tersebut.

Anda dapat menginstal beragam aplikasi untuk perangkat Android maupun iOS. Untuk Android di antaranya ada Powerpoint Microsoft® sedangkan iOS ada Keynote.

C. Cloud

Dengan teknologi dan kecepatan internet yang semakin baik, bekerja dengan sistem awan (cloud) tampaknya semakin menjadi kebutuhan

Untuk kebutuhan presentasi, anda dapat membuatnya di Office365 Microsoft®, iCloud (Apple), dan Google Drive.

5.Membuat notulen rapat

Hal sederhana yang terakhir adalah mencatat notulen rapat. Ketika anda meeting dengan rekan kerja, atasan, ataupun dengan klien. Adalah sederhana tetapi penting untuk dapat membuat notulen rapat.

Ini tak hanya penting jika sewaktu waktu atasan anda bertanya tentang apa yang telah dibahas atau disepakati, yang paling penting adalah ini adalah catatan anda untuk kegiatan atau kesepakatan yang diambil selama pertemuan itu.

Ilustrasi Meeting (Sumber gambar : campaign creators/unsplash)

Jika anda tidak mempunyai bawahan atau asisten, hal ini akan sangat membantu anda untuk melaporkan hal-hal yang dibahas kepada atasan

Meskipun mungkin anda punya asisten atau bawahan, tetapi alangkah lebih baiknya memang jika anda mencatat poin-poin. Hal ini untuk menghindari anda melewatkan sesuatu yang penting. Yang penulis amati selama bekerja, para atasan yang baik selalu membawa buku catatan kecil dan selalu mencatat hal-hal yang dibicarakan.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu anda bekerja lebih baik di pekerjaan anda. Selamat beraktivitas!

Iklan

One thought on “5 hal mudah yang dapat membantu pekerjaan di kantor

  1. Ping-balik: - INDONEZIA.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.