Ada break, ada kopi.. mari ngopi, mari bicara

Saat menjalani rutinitas bekerja, hampir menjadi rutinitas, jam 10 pagi hari dan jam 4 sore hari melakukan coffee break.
Menikmati kopi bukan hanya gaya generasi milenial, tetapi sudah sudah menjadi budaya dari nenek moyang kita. Meski sekarang lebih mengarah ke gaya hidup atau life style. Tulisan ini dibuat dari usul dan bahan dari seorang pecinta kopi.

Mumpung coffee break, mari kita berbicara tentang kopi.

Kopi dan segala produk olahannya saat ini telah merambah ke seluruh dunia; pecinta kopi semakin bertambah setiap tahunnya. Bukan karena kenikmatan kopi, life style, tapi disebabkan juga karena nilai ekonomi bagi negara-negara yang memproduksi, dan mengekspor biji maupun olahan kopi seperti Indonesia.

Sebenarnya apa arti kata kopi itu?
Kata kopi sendiri berasal dari suatu wilayah dimana kopi tersebut tumbuh, provinsi Kaffa (di Ethiopia). Kata kopi “coffee” masuk di kamus Bahasa Inggris pada tahun 1582, diserap dari Bahasa Arab, qahwah.
Ada hal yang menarik, kata qahwah sendiri dalam Bahasa Arab merujuk kepada kata kerja qahiya ( قَهِيَ), sesuatu yang berarti “mengurangi rasa lapar“, ini sesuai dengan reputasinya sebagai penunda rasa ingin makan.

Dimana kopi itu tumbuh subur?
Kopi merupakan tanaman tropis dengan habitat budidaya terletak di antara 20 derajat garis Lintang Utara/Lintang Selatan. Terbentang dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara hingga Afrika. Sepanjang garis ekuator.

Ada berapa macam jenis kopi itu?
Kalau dari jenis varietas, dikenal ada dua kopi arabica dan robusta. Perbedaannya adalah pada rasa dan tingkat caffein-nya. Dimana tingkat caffein robusta lebih tinggi dibandingkan arabica. (arabica 1.5%, sedangkan robusta 2.7%).

Untuk kopi instan yang beredar biasanya sudah dicampur antara robusta dan arabica, kadang sudah ditambahkan jagung segala malah.

Petani memetik kopi. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Kopi arabica dibudidayakan di dataran yang lebih tinggi (+600 m) jika dibandingkan dengan robusta yang dibudidayakan di dataran rendah.

Mana yang lebih mahal?
Kalau ditanya mana yang lebih mahal, kopi jenis arabica lebih mahal.

Negara mana saja penghasil kopi terbanyak?
Ada cukup banyak negara penghasil kopi, namun secara global hanya ada 5 negara. Negara penghasil kopi terbesar di dunia yaitu : Brazil, Vietnam, Kolombia, Indonesia, dan Honduras/Ethiophia.

  1. Brazil. Kopi telah menjadi “primadona” di Brazil sejak abad ke-18 hingga sekarang. Brazil adalah negara penghasil kopi terbesar (30% pasar dunia).
  2. Vietnam adalah produsen kopi Robusta terbesar di dunia. Terkenal dengan kopi tiam-nya.
  3. Kolombia
    Kolombia baru bisa mengekspor komoditas tersebut pada tahun 1835. Kolombia merupakan produsen kopi Arabika terbesar di dunia setelah Brazil.
  4. Indonesia
    Indonesia memiliki banyak daerah penghasil kopi tersebar di Sumatera, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur dan Papua. Kopi yang paling mahal di dunia ada di Indonesia, kopi Luwak (100 USD per 450 gram).
  5. Honduras / Ethiopia
    Saya tuliskan dua negara ini, karena bersaing ketat dalam jumlah produksi kopi.
    Ethiophia disebut sebut sebagai negara asal mula kopi.
    Honduras memiliki kopi dengan karakter rasa ringan, sedikit asam dan sangat seimbang untuk dicampur menjadi coffee blends.

Penduduk negara mana yang suka ngopi atau suka produk kopi?

Suasana tempat ngopi di Kota Makassar

Saya pikir tadinya Indonesia yang akan menempati ini, dengan kedai kopi Aceh, lapo kopi Medan, dan kopi daeng-daengnya di Makassar. Ternyata saya salah.
Pengonsumsi kopi terbanyak adalah Eropa, tepatnya negara Finlandia, sebesar 9.6 kg kopi per kapita. Ini beritanya.

Bisa jadi peluang bisnis bukan? Tentu bisa sekali. Apalagi jika dilihat seluruh dunia, banyak sekali peminat kopi seperti pada gambar berikut.

Penikmat kopi

Ngopi yuks!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.