Bicara tentang keringat, kelembaban udara, dan derajat kenyamanan

Apakah anda pernah dengar orang Jawa bilang “sumu“? Malam ini di Manila sumu banget. Keringat pun seakan tidak kering-kering, kalau orang sunda bilang “bayeungyang pisan euy“. Ini memang biasa terjadi di Bulan April-Mei setiap tahunnya. Saya pun memeriksa berapa suhu udara (temperature), ternyata 30° C, meskipun ini hampir tengah malam.

Apa yang menyebabkan perasaan “sumu” atau tidak nyaman sebenarnya? yang menyebabkannya adalah tingkat kelembaban relatif udara tinggi dan temperature yang tinggi.

Apa itu kelembaban udara?
Kelembaban (humidity) adalah jumlah uap air yang ada di udara. Humidity mengindikasikan adanya kejadian persipitasi air (precipitation), embun (dew), atau kabut air (fog).
Jadi makin tinggi kelembaban, udara semakin jenuh udara dengan uap air.

Sebetulnya jika dilihat dari cara pengukurannya ada tiga jenis humidity yaitu: absolute humidity, relative humidity, dan specific humidity. Kali ini saya hanya akan membahas relative humidity atau yang sering disingkat RH, dan nilainya dinyatakan dalam bentuk %.
Indonesia termasuk negara dengan tingkat kelembaban tinggi, dimana termasuk kelembaban di atas 80%.

Contoh hal sehari-hari apa yang terkait tingkat kelembaban udara ?

Ilustrasi berkeringat (Hans Reniers/unsplash)

Contohnya adalah keringat. Di keadaan di mana kelembaban tinggi, anda akan semakin gampang berkeringat. Kalau tidak percaya ketika cuaca mau hujan, udara terasa panas kan? sebetulnya itu karena kelembabannya tinggi, dan jenuh, sebentar lagi uap air akan berubah fasa menjadi air (hujan).
Sebaliknya di kelembaban rendah, anda akan sulit berkeringat. Karena uap air dalam bentuk keringat anda akan mudah menguap dengan udara sekitar.

Bagaimana kita dapat mengetahui temperature, dan kelembaban?
Jaman sudah maju, anda dapat melihat di aplikasi Weather di smartphone anda. Disana akan terlihat selain ada informasi temperature, humidity, ada juga feels like atau jika kita terjemahkan adalah “terasa seperti”.

Jika temperaturnya ditunjukkan 30°C, tapi bisa terasa seperti 37°C. Kenapa bisa? Ini disebabkan karena adanya Humidity Index.

Apa itu Humidity Index (Humidex)?
Secara matematis ini dituliskan sebagai berikut:

Humidex formula

Persamaan Humidex dikembangkan oleh J J. M. Masterton and F. A. Richardson dari Canada’s Atmospheric Environment Service pada tahun 1979.
Humidex menghubungkan antara temperature dengan RH. Ini dihubungkan dengan yang dinamakan “derajat kenyamanan” (degree of comfort). Untuk memudahkan dibuatlah tabel seperti berikut.

Humidex Chart

Mari kita mengukur degree of comfort beberapa kota. Karena meskipun temperature sama, tetapi jika kelembabannya beda, derajat kenyamanannya bisa berbeda.
Perlu bukti? mari kita ambil contoh data temperature dan RH beberapa kota : Manila, Jakarta, Bandung, dan Istanbul. Data diambil dari aplikasi weather.

Weather report : Manila, Jakarta, Bandung, Istanbul @May 19, 2019.

Seperti apa hasilnya? Mana yang paling comfort?

Humidex : Manila, Jakarta, Bandung, dan Istanbul

Manila – 45, derajat Great discomfort, nyaris masuk daerah dangerous.

Jakarta – 40, derajat Great discomfort, tetapi bisa masuk derajat bawahnya yaitu “some discomfort”

Bandung – 37, derajat some discomfort

Istanbul, di Turki, (bukan Tuntungan belok kiri ya) – 28, derajat no discomfort

Sekarang anda mengerti definisi “sumu” itu sesuatu yang berkaitan antara relative humidity (RH) dengan temperature. Mengapa kita berkeringat ketika cuaca lembab, dan kenapa ada yang dinamakan derajat kenyamanan.

Bandung

Jadi ini alasan kenapa saya ingin ke Jakarta, orang Jakarta sering ke Bandung, dan mungkin orang Bandung — jika punya kesempatan– ingin pergi ke Istanbul. Atau saya yang ke Istambul saja kalau begitu… hmmmm ide bagus. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.