Stories of the Philippines (Part 1) : Land of Jollibee

Kali ini saya ingin bercerita tentang pertama kali pada saat menginjakkan kaki di Philippines (resminya ditulis the Republic of Philippines). Dimana saat itu saya mencari tempat makan. Pilihan yang paling mudah saat itu adalah fast food. Disitulah pertama kali saya merasakan makan di Jollibee.

Apa itu Jollibee? Jollibee adalah salah satu jaringan restoran cepat saji (fast food) multinasional yang berasal dari Filipina.

Jollibee didirikan oleh Tony Tan Caktiong, pada tahun 1978. Di seluruh Filipina saja, sampai tahun 2019, terdapat lebih dari 750 toko. Jika anda singgah di Filipina, anda akan menemukan hampir disetiap sudut atau perempatan jalan pasti ada Jollibee. Hal ini yang menyebabkan kadang ada orang bercanda bahwa Filipina adalah Land of Jollibee.

Jollibee merupakan produk lokal Filipina yang sudah multinational. Produk kebanggaan Filipina. Berdasarkan informasi di wikipedia, tercatat ada lebih dari 1,200 toko di seluruh dunia dari mulai Asia Tenggara, Middle East, Hongkong, Makau, Amerika Utara, dan Eropa.

 

Cabang Jollibee

Ini tidak heran, karena Filipina terkenal dengan diasporanya dan sebagai pekerja migran. Dimana banyak orang Filipinanya, maka Jollibee mendirikan tokonya.

Jollibee mempunyai maskot berupa seekor lebah merah.

jollibee

Ya, maskotnya adalah seekor lebah. Meskipun begitu, Jollibee memiliki beberapa maskot yang terkenal lainnya yang terinspirasi dari produk makanan yang dijual di Jollibee.

Fk_jbee

Jika dibandingkan mana yang lebih enak Jollibee atau McDonald’s?

FYI, di Filipina McDonald’s lebih umum disebut McDo (mek do), ini agak berbeda dengan kita orang Indonesia yang lebih sering menyebutnya McD (mek di).

Kembali ke pertanyaan, mana yang lebih enak Jollibee atau McDo? untuk selera saya, Jollibee lebih enak ayamnya jika dibandingkan dengan McDo. Lebih terasa crispy dan bumbunya.  Tapi itu kembali ke urusan selera ya.

Jika berharap yang spicy, seperti yang ada di Indonesia, silahkan hapus harapan anda. Karena di Filipina orang cenderung tidak menyukai makanan pedas. Untuk sambel paling banter yang mereka makan adalah saus tomat.

Bukan hanya sekedar lebih enak, hanya di Filipina, McDonald’s kalah populernya jika dibandingkan Jollibee.

Jollibee adalah salah satu ikon Filipina. Betul, Jollibee begitu terkenal dan begitu dicintai di Filipina. Kadang anak-anak kecil lebih suka makan Jollibee jika dibandingkan masakan mamanya.

Apa saja menu yang ada di Jollibee?

Selain menu utama ayam goreng, Jollibee juga mempunyai berbagai menu seperti : burger (yang terkenal Yumburger), nasi, kentang goreng, pasta, sandwich, es krim, dan sebagainya. Kalau anda penasaran, boleh dilihat disini.

Jollibee.PNG

Bagaimana dengan harganya?

Harganya standar lah seperti halnya gerai fast food yang lainnya. Sekitar 30 ribu rupiah untuk 1 potong ayam, nasi, dan minum coke.

Apa yang unik ketika membeli Jollibee? Ada beberapa hal unik yang saya alami ketika berbelanja Jollibee.

Jollibee-Macau-opening-June-27-2018

  1. Antrian sangat panjang, tapi mereka lebih tertib untuk antri.
  2. Ada petugas yang mendata sebelum ke counter; Karena antrian panjang, biasanya ada petugas yang menanyakan ke orang satu satu apa yang mau dipesan.
  3. Anak muda memperlihatkan kartu Senior Citizen Discount, untuk mendapatkan diskon harga. Padahal kadang yang dibelanja itu masih pada muda.
  4. Jika ingin spicy, kita harus bilang minta yang spicy.
  5. Ayam spicy itu pasti diberi bendera kecil. Spicy itu artinya hanya ditaburi sedikit bubuk cabe ke atas ayam yang rasa original

Begitulah sedikit kisah tentang Jollibee di Filipina. Nantikan cerita-cerita lain di my stories from Philippines. Maraming salamat Po !

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.