Apa dan bagaimana cara mudah mendapatkan uang secara online? (Bagian ke-1)

Hidup di jaman yang serba online, membuka jalan yang lebih luas. Salah satu jalan yang terbuka adalah mendapatkan uang dari hobi online-online.

Entah anda sering kali nongkrong di cafe sama teman atau sekedar main gadget seharian, berikut adalah sebagian ide bagaimana cara mendapatkan uang dari hobi online atau gadget-an.

Berikut adalah beberapa ide bisnis online atau cara mendapatkan uang dari hobi internetan.

1. Drop shipping online shop

01. Workflow Drop Shipping

Drop shipping merupakan sebuah metode managemen supply chain dimana “pengecer” tidak menyimpan barang akan tetapi mengirimkan order dari konsumen dan pengirimannya kepada pihak lain, yang dapat berupa pedagang lain.

Bagaimana cara kerjanya? Jadi anda tinggal membuka toko online, kemudian browsing produk yang anda mau jual, memilih penyalur atau penjual yang paling pas menurut anda, kemudian memasang produknya di online shop anda. Ketika anda menerima pesanan, anda hanya tinggal meneruskan pesanan kepada penjual, untuk kemudian dikirimkan penjual ke pelanggan.

Apa sumber keuntungannya? Keuntungan yang didapatkan adalah dari selisih harga dari harga jual pedagang / supplier asli dengan harga beli dari konsumen. Sebagian pedagang menentukan besar persentase komisi kepada pengecer.

02. Platform Drop Shipping
Untuk di Indonesia, anda dapat mencoba di Bukalapak atau Tokopedia. Untuk yang luar negeri anda dapat mencoba diantaranya adalah Aliexpress atau Shopify.

2. Blogging and advertisement

03. Blogging

Blog atau weblog merupakan satu media diskusi atau website informal yang dipublish di internet. Biasanya berbentuk diary atau lebih ke buku harian. Tulisan yang ditampilkan biasanya disusun berdasarkan urutan diterbitkan, jadi tulisan yang terbaru biasanya akan muncul di halaman terbaru. Informasi yang disampaikan dapat beragaram dari mulai hobi, cerita perjalanan, dan lain lain.

Bagaimana cara kerjanya? Kita perlu menulis dan mem-posting artikel di blog. Tentu anda perlu membuat akun blog terlebih dahulu untuk melakukannya. Pilih tema yang akan anda akan bahas, dan lakukan secara rutin. Contohnya seperti natanagara.com ini.
Apa sumber keuntungannya? keuntungan yang bisa didapatkan adalah dari pemasangan iklan atau penjualan produk di blog tersebut.
Untuk blog, diantaranya yang terkenal adalah wordpress dan blogger. Untuk twitter, dimasukan juga karena sejatinya twitter termasuk microblogging.

03. Platform Blog
Untuk mengiklan sebuah produk, anda dapat mencoba memasukkan produk dari Clickbank.
Sedangkan untuk promosi iklannya, anda dapat mendaftarkannya di Google AdSense.

3. Freelancer Online

Frelancer
Illustration of freelancer

Ini seperti anda bekerja paruh waktu. Bermodalkan kemampuan anda, waktu luang, dan tentunya kuota internet anda. Ada banyak pekerjaan yang ditawarkan di kerja paruh waktu ini, dari mulai menulis sampai dengan desain grafis.

Bagaimana cara kerjanya? Anda memilih pekerjaan yang anda kira-kira bisa kerjakan, membuat profil dan portfolio, kemudian anda akan bersaing mendapatkan pekerjaan tersebut dengan yang lain. Seperti model lelang pekerjaan.
Jika anda yang dipilih, maka anda perlu menyelesaikan pekerjaan tersebut dan mengirimkankan dengan batas waktu yang telah ditentukan.

05. Freelancer Platform
Apa sumber keuntungannya? Bayaran sesuai dengan kesepakatan awal pekerjaan.
Anda dapat mencoba di Freelancer, Upwork, atau untuk situs di Indonesia, anda bisa mencoba Sribulancer.

4. Online Crowd funding

05. Crown FundingCrowd funding adalah sebuah cara menggalang dana untuk individu atau organisasi dengan mengumpulkan donasi (sumbangan) melalui keluarga, teman, bisnis, dan yang lainnya. Dengan menggunakan media social untuk menyebarkan informasinya, sehingga dapat sampai kepada orang-orang yang potensial jadi donor dibandingkan penggalangan dana secara tradisional. Crowd funding secara garis besar ada dua kategori, yaitu : personal dan project-based.

Bagaimana cara kerjanya? Anda dapat mengajukan ide sebuah proyek, misal pembuatan sebuah produk. Anda disitu akan ditanya detail produknya seperti apa, berapa biaya crowd funding yang dibutuhkan, batas waktu penggalangan dana, dan seperti apa keuntungan yang didapatkan oleh para pendonor dana.

06. Crowd Funding
Apa sumber keuntungannya? Ketika produk anda berhasil didanai, anda dapat mewujudkan produk tersebut, diproduksi dan dipasarkan secara masal.
Yang terkenal diantaranya adalah : gofundme, kickstarter, dan fundly.

5. Online Tutorial / Lesson

Online Lesson
Image source : https://linglongchinese.com

Online tutorial atau lesson, ini seperti anda menjadi guru privat, tapi secara online.
Bagaimana cara kerjanya? Anda dapat mendaftar, kemudian mengisi pilihan keahlian apa yang dapat anda ajarkan, kemudian jika ada tawaran, anda dapat mulai mengajar secara online.
Apa sumber keuntungannya? Anda akan dibayar sesuai dengan kesepakatan diawal. Biasanya ditetapkan basis per jam.

Takelesson
Situs penyedia layanannya diantaranya adalah takelessons dan glassdoor.

Sekian dulu dari saya, untuk bagian keduanya silahkan dilihat Apa dan bagaimana cara mudah mendapatkan uang secara online? (Bagian ke-2)

Semoga dapat menginspirasi dan menghasilkan uang :).

Iklan

One thought on “Apa dan bagaimana cara mudah mendapatkan uang secara online? (Bagian ke-1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.