Apa bedanya tabungan dengan deposito?

“Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya”, kira-kira seperti itulah salah satu perkataan diajarkan pada saat bersekolah dasar. Intinya kita harus belajar supaya pandai, menabung supaya kaya.
Berbicara mengenai menabung, dalam kesempatan ini saya ingin membahas tentang tabungan, dan deposito.

Saya kira pengertian tabungan itu sudah cukup jelas. Ada berapa cara menabung, dari mulai celengan, disimpan di bawah kasur, hingga menyimpannya di bank.
Ketika menyimpan uang di bank, yang selalu melekat diingatan itu adalah satu dua kata, bunga dan inflasi.

Mari kita bersama belajar mengenai hal ini tabungan, deposito, dan inflasi.

Inflasi Tabungan Deposito
Perbandingan angka Inflasi, bunga tabungan dan bunga deposito

Apakah inflasi (inflation) itu?

In economics, inflation is a sustained increase in the general price level of goods and services in an economy over a period of time. When the general price level rises, each unit of currency buys fewer goods and services; consequently, inflation reflects a reduction in the purchasing power per unit of money – a loss of real value in the medium of exchange and unit of account within the economy.” [1]

Berapakah tingkat inflasi di Indonesia?
Angka inflasi berubah seiringnya waktu. Adapun tingkat inflasi Indonesia pada tahun 2018 rata-rata adalah sebesar 3.5% (Sumber : Bank Indonesia)

Apakah suku bunga (interest) itu?

An interest rate is the amount of interest due per period, as a proportion of the amount lent, deposited or borrowed (called the principal sum). The total interest on an amount lent or borrowed depends on the principal sum, the interest rate, the compounding frequency, and the length of time over which it is lent, deposited or borrowed.
It is defined as the proportion of an amount loaned which a lender charges as interest to the borrower, normally expressed as an annual percentage. It is the rate a bank or other lender charges to borrow its money, or the rate a bank pays its savers for keeping money in an account. [1]

Secara awam saya memahaminya sebagai sejumlah nilai yang harus dibayarkan oleh bank atau pemberi pinjaman untuk meminjam uang, atau nilai yang dibayarkan kepada penabung yang menyimpan uangnya di sebuah rekening bank tersebut.

Nah,bank meminjam uang? Iya, karena sejatinya uang yang ditabungkan di bank itu akan dikelola oleh pihak bank dalam bentuk investasi, kalau tidak, bagaimana bank tersebut bisa untung dan memberikan bunga kepada kita sebagai penabung.
Kalau tidak percaya, coba setor uang, dan nanti ambil, apakah uang yang diberikan kembali nomer serinya sama ? tentu tidak. Mungkin tidak sesederhana itu, tapi saya hanya ingin mengilustrasikan bahwa uang kita itu sejatinya tidak disimpan.

Berapakah besar bunga tabungan?
Saya pun tidak pernah sadar berapakah besar bunga tabungan itu. Setelah sekian lama menabung, saya pun akhirnya ingin tahu juga.
Berikut beberapa besaran bunga yang saya dapatkan dari website bank masing masing.

Bunga Tabungan
Bunga tabungan beberapa Bank di Indonesia

Wah jadi bunga tabungan itu lebih rendah daripada inflasi?
Betul, seperti yang disebutkan sebelumnya, tingkat inflasi adalah 3.5%, sedangkan jika dilihat besar bunga tabungan maksimum rata-rata hanya sebesar 2%.

Apa itu artinya? Secara sederhana saya memahaminya jika punya uang ditabungkan di bank, setelah jangka waktu tertentu itu nilainya (setelah ditambahkan bunga pun) sebenarnya turun, atau penurunan nilai tukarnya. Belum lagi biaya administrasi dan pajak PPH.

Bagaimana cara menyimpan dengan nilai yang bisa lebih tinggi dari inflasi?
Ada banyak cara, tetapi kali ini saya hanya akan membahas terkait tabungan dan deposito.

Apakah deposito (deposit) itu?

A deposit is the act of placing cash (or cash equivalents) with some entity, most commonly with a financial institution such as a bank.

Secara sederhana, saya memahaminya sebagai tabungan berjangka.

Artinya, kita setelah menempatkan sejumlah uang, uang tersebut kita tidak dapat kita ambil sampai batas waktu yang telah dipilih itu selesai. Jika diambil sebelum waktunya, kita akan mendapatkan denda.

Apakah jika uang disimpan di deposito, bunganya bisa lebih tinggi dari inflasi?

Ya, secara umum bunga deposito lebih tinggi dari inflasi. Berikut adalah tabel bunga deposito beberapa bank di Indonesia yang saya rangkum dari kontan online status 11 Maret 2019.

Deposito
Tabel bunga deposito beberapa bank

Yang saya berikan warna hijau adalah pilihan 5 (lima) angka tertinggi dari semua bank dari pilihan lama bulannya. Jadi bukan iklan bank tertentu ya.

Masih tidak mengerti?
Contohnya untuk pilihan deposito 1 bulan, maka dari semua bank 5 tertinggi adalah: Bank Tabungan Negara (BTN), Bank CIMB Niaga, Bank Mayora, Bank Mega, dan terakhir Bank OCBC.

Mumet aku bang, Secara gampang, apa saja bedanya antara tabungan dan deposito?

Berikut saya rangkumkan apa saja bedanya antara tabungan dengan deposito. (Saya tambahkan juga reksadana).

Pertimbangan tabungan Deposito Reksadana
Perbedaan Tabungan, Deposito, dan Reksadana

Nah jika reksadana bagaimana? silahkan lihat tulisan saya Apa itu reksadana dan bagaimana berinvestasi di reksadana?.

Semoga bermanfaat. Silahkan komen jika ada yang ingin dibahas.

Sumber
[1] http://www.wikipedia.org

Iklan

One thought on “Apa bedanya tabungan dengan deposito?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.