Melatih Pengucapan Tulisan Bahasa Inggris dengan bantuan tulisan Phonetic

Berapa hari yang lalu saya menulis tentang cara mengetahui pronunciation kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan bantuan gawai (gadget). Anda boleh baca tautan artikelnya disini.

Ilustrasi Phonetic (Sumber: Edho Pratama/Unsplash)

Dari situ saya kembali teringat tentang satu istilah, phonetics. Dari situs wikipedia pun saya cari apa sih phonetics itu. Berikut adalah definisinya yang dikutip dari Wikipedia.

Phonetics (/fəˈnɛtɪks/) is a branch of linguistics that studies the sounds of human speech, or—in the case of sign languages—the equivalent aspects of sign.[1] It is concerned with the physical properties of speech sounds or signs (phones): their physiological production, acoustic properties, auditory perception, and neurophysiological status. Phonology, on the other hand, is concerned with the abstract, grammatical characterization of systems of sounds or signs.

Ya ternyata secara sederhana saya memahaminya adalah ilmu tentang hubungan pengucapan sebuah kata dengan tulisan. Karena mungkin untuk sebagian bahasa, contohnya Bahasa Inggris, apa yang kita lihat, itu belum tentu apa yang seharusnya kita baca.

Sekarang pertanyaannya bagaimana jika saya punya satu paragraf atau katakanlah satu lembar tulisan dan saya ingin lengkap mengetahui bagaimana cara membacanya? Tentu tidaklah mudah jika mengeceknya satu persatu dengan gawai, apalagi dengan kamus bukan?

Ilustrasi (Sumber: Nick Morrison / Unsplash)

Saya berpikir pasti bukan cuma saya saja yang punya ide nyeleneh seperti ini. Duduk di depan laptop dan ingin mengetahui bagaimana sih bacanya; Hasilnya saya menemukan situ ini – Website : toPhonetics.

tophonetics
Tampilan tophonetics.com

Di website ini, kita bisa copy-paste kalimat yang kita mau cari tulisan phonetics-nya seperti apa. Ada pilihan mode pengucapan British atau American.

Selain itu pilihan tulisannya juga dapat disajikan disamping, atau di bawah tulisan aslinya. Contoh berikut saya copy-paste dan klik tombol Show transcription, dan pilih “Line by line with English Text”, hasilnya seperti berikut ini.

phonetic translate

Dan yang lebih menariknya lagi, selain kita bisa tau cara membacanya, di tophonetics.com ini dilengkapi dengan fitur suara sehingga kita bisa mendengarkan seperti apa kalimat tersebut diucapkan.


Silahkan baca juga:


toPhonetics ini ternyata memiliki aplikasinya yang ada di Google Play dan App Store ($3.99), tidak gratis lho ya.

Selamat mencoba!

Iklan

2 tanggapan untuk “Melatih Pengucapan Tulisan Bahasa Inggris dengan bantuan tulisan Phonetic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.